Monday, April 4, 2011

Kompasiana Sediakan Toolbar Khusus

KOMPAS.com - Untuk memudahkan pengguna dalam berbagi dan berinteraksi, Kompasiana merilis toolbar khusus yang menempel di browser Firefox maupun Internet Exlorer. Toolbar tersebut menyediakan beberapa tombol khusus seperti tombol Login dan Dashboard.
Toolbar Kompasiana dibuat dengan memanfaatkan fitur Create Toolbar yang diluncurkan Alexa.com di websitenya belum lama ini. Sebagai salah satu situs pemeringkat website dunia, Alexa kerap dijadikan rujukan untuk mengetahui tingkat popularitas sebuah website. Tapi harap dicatat, situs ini hanya merekam aktifitas pengguna Internet yang telah memasang Toolbar Alexa di browsernya.
Proses instalasi Toolbar Kompasiana cukup mudah karena formatnya adalah tambahan fitur atau add-on untuk browser. Untuk mendownloadnya, pengguna bisa mengaksesnya lewat menu Kompasiana Toolbar yang terdapat di bagian bawah website Kompasiana.
Setelah proses instalasi selesai, sebaris papan tambahan akan muncul di sisi atas browser (Firefox ataupun Internet Explorer) dengan logo Kompasiana di dalamnya.
Dengan toolbar ini, pengguna bisa mencari semua berita atau artikel yang terdapat di Kompasiana dengan memasukkan kata kunci di kotak pencarian (search box). Selain itu, pengguna yang sudah terdaftar di Kompasiana bisa langsung Masuk dan mengakses Papan Panel (Dashboard) Kompasiana tanpa harus membuka websitenya. Cukup klik tombol Dashboard di toolbar, maka sederatan menu akan muncul dan siap dipilih.
Buat Anda yang belum bergabung dengan grup Kompasiana di Facebook ataupun belum mengikuti Kompasiana di Twitter, jangan lupa mengklik tombol Join us dan Follow us.
Selain tombol kontrol Kompasiana, toolbar ini juga dilengkapi dengan RSS Feed yang menampilkan tulisan terbaru yang ditayangkan para blogger di Kompasiana. Di samping RSS Feed, terdapat tombol-tombol menuju ruang social media pengguna di Facebook dan Twitter. Di sini Anda bisa mengakses Facebook maupun Twitter secara langsung.
Di sisi paling kanan toolbar, terdapat logo Alexa yang memberikan data statistik untuk website yang sedang dibuka.
Bila Anda tertarik mencobanya, silakan langsung download aplikasinya di sini.

Sumber: Tekno Kompas

No comments:

Post a Comment