Monday, April 11, 2011

DANAU SENTARUM


KALIMANTAN BARAT - Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) adalah salah satu Taman Nasional yang beradai di wilayah Kalimantan Barat. Luas area konservasi ini mencapai 132 ribu hektar. Karakteristik tempat ini cukup unik karena terdiri dari rangkaian danau yang masih satu sama lain disambungkan dengan aliran sungai. Sejujurnya saya takut berada disini. Ancaman tenggelam mengancam setiap saat. Tapi setelah melakukan perjalanan dengan speed boat, ketakutan itu lenyap berganti dengan jantung yang berdegup cepat.

Perjalanan tanpa hambatan di atas speed boat yang melaju dengan kecepatan tinggi tentu sangat menyenangkan hati. Rasanya semua suara ingin saya keluarkan dari dalam rongga dada. Teriak sepuas-puasnya. Tapi hal keinginan itu terpaksa saya tahan, karena berteriak di atas danau Sentarum adalah hal yang dilarang.

Yang namanya pantangan bila dilanggar pasti akan berakibat fatal. Beberapa hari sebelumnya ada sebuah perahu yang tenggelam diamuk ombak saat melewati danau ini. Tidak ingin mengalami nasib yang sama, tentu saya berusaha menahan sekeras-kerasnya keinginan teriak saya.

Jujur, untuk melakukan hal itu sangat sulit meski terkesan hal yang mudah. Kalau saja perjalanan menggunakan speed boat di danau sentarum tidak semenyenangkan ini tentu tidak akan susah. Speed boat yang melaju berkelok kelok hingga pernah berbelok patah 90 derajat membuat kesenangan berada sampai di ubun-ubun kepala.
Entahlah, mungkin bagi Anda saya terkesan melebih-lebihkan pengalaman yang saya rasakan. Saya hanya mampu bilang, kalau tidak percaya silahkan saja Anda coba rasakan.

Sumber:  Detik Travel

No comments:

Post a Comment