Monday, March 28, 2011

Satu Dekade Mac OS X "Mengaum"

KOMPAS.com - Tanpa peringatan khusus, sistem operasi Mac OS X buatan Apple yang dikenal punya kemampuan grafis sangat baik telah berusia satu dekade. Debutnya secara formal baru dilakukan pada 24 Maret 2001 dan sejak saat itu telah keluar beberapa versi dengan nama kode yang khas yakni bermacam jenis kucing besar.
Dalam sepuluh tahun sudah tujuh versi dirilis dan satu direncanakan akhir tahun ini. Masing-masing Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, leopard, Snow leopard, dan akan segera menyusul Lion. Awalnya nama kode tersebut hanya digunakan untuk kepentingan internal, namun justru menjadi sebutan yang akrab bagi para pecinta Mac.
Mac OS X sendiri sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1994 dengan proyek Copland di Apple. Kemudian platform tersebut disatukan dalam Apple Rhapsody developer Release setelah Apple mengakuisis penuh NeXT yang diriikan Steve Jobs pada 1996. Rhapsody berkembang menjadi Mac OS X Server (Hera) pada 1999. Versi publik beta dengan nama Kodiak keluar 30 September 2002 dan enam bulan kemudian baru dirilis versi pertama untuk publik.
Berikut perjalanan Mac OS X dari waktu ke waktu.

Sumber: Tekno Kompas

No comments:

Post a Comment